Dosen Muda UNP, Romi Mardela Berhasil Dapat Lisensi Instruktur Pelatih Cricket Level 1 International

    Dosen Muda UNP, Romi Mardela Berhasil Dapat Lisensi Instruktur Pelatih Cricket Level 1 International

    PADANG-Empat orang pelatih Cricket asal Indonesia telah diakui sebagai Tutor (instruktur) untuk menyelenggarakan Sertifikasi Pelatih Cricket Level 1 dari International Cricket Council (ICC) lembaga cricket dunia untuk East Asia Pasific setelah mengikuti Tutor Training di Nadi, Fiji dari 23 s/d 27 Mei 2022.

    Empat pelatih tersebut diantaranya: Romi Mardela, S.Pd., M.Pd yang berasal dari Sumatera Barat yang juga Dosen muda di Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang dan 3 orang pelatih asal Bali Frengky Shony, Ni Wayan Sariani dan Ni kadek Fitria Rada Rani. Dengan demikian para pelatih ini bersama 14 orang pelatih lainnya dari beberapa negara seperti Jepang, Korea Selatan, Filipina, Papua New Guini, Samoa, dan Fiji untuk selanjutnya bertanggung jawab untuk membuat pelatihan pelatih Cricket Level 1 ICC bagi para calon pelatih.

    Espresso shot Boba
    market.biz.id Espresso shot Boba
    13% Rp 6.300
    Beli sekarang!

    Kegiatan tersebut di fasilitasi oleh ICC Development Program Toby Cohen dari Victoria, Australia yang juga bertindak sebagai Master Educator bersama dua orang lainnya Tom Evans dari Victoria dan Toby Doyle dari Auckland, New Zealand. Para Master Educator tersebut, selain memfasilitasi dan menjadi pendamping kegiatan mereka juga mengevaluasi serta memberikan hak kepada para Tutor (18 orang pelatih) untuk selanjutnya agar menyelenggarakan pelatihan kepada calon Pelatih Cricket Level 1 ICC serta melakukan penilaian dan menerbitkan setifikat kompetensi dari ICC.

    “Pada saat kembali nanti ICC berharap para tutor dapat berkoordinasi dengan pengurus Cricket negara masing-masing untuk segera menyelenggarakan pelatihan Pelatih Cricket Level 1 ICC tersebut, ” ujar Toby C yang disampaikan ulang oleh Romi Mardela, pelatih Cricket Sumatera Barat yang juga merupakan dosen muda Jurusan Kepelatihan, FIK-UNP.

    POLITISI.ID
    market.biz.id POLITISI.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Romi menjelaskan, ICC memberikan jangka waktu dalam tiga bulan ke depan agar sudah merancang pelatihan yang dimaksud. Menurut Romi, sebagai syarat agar para calon pelatih dapat mengikuti pelatihan Level 1 ICC tersebut terlebih dulu harus menyelesaikan dua modul yang dikerjakan melalui aplikasi secara online, yakni ICC Foundation Certificate dan ICC Coaching Course Level 1.

    “Setelah menyelesaikan kedua modul tersebut, para pelatih baru bisa dinilai kemampuan praktiknya pada saat mengikuti kursus, untuk kemudian diterbitkan sertifikat kompetensi jika lulus dalam penilaian, ” ujar Romi yang juga terdaftar sebagai Pelatih Cricket Kabupaten Limapuluh Kota.

    Selanjutnya, Frengky Shony yang juga merupakan pelatih Cricket Papua yang berhasil membawa medali emas, menambahkan bahwa setelah diakui oleh ICC sebagai Tutor, ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan Cricket di Tanah Air. “Kami akan berkoordinasi dengan Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia terkait permintaan ICC tersebut, dan juga memberikan rekomendasi agar pelatihan yang pertama diselenggarakan di Pulau Sumatera, khususnya di Provinsi Sumatera Barat, ” ujar Frengky yang juga merupakan atlet Cricket Nasional.

    Frengky menilai ini merupakan peluang untuk pengurus Cricket di Sumatera, apalagi PON selanjutnya, pertandingan cabang olahraga Cricket akan diselenggarakan di Sumatera Utara. Selain itu, menurut Frengky alasan lainnya adalah karena Cricket juga sudah menjadi mata kuliah di Universitas Negeri Padang, yang telah lama dikembangkan oleh Romi Mardela. Sehingga diharapkan akan banyak mahasiswa yang bisa menjadi calon pelatih nantinya.

    “Sudah saatnya Cricket ini dikembangkan di daerah, sehingga dengan pelatihan pelatih Cricket Level 1 ICC ini, akan banyak pelatih yang mampu melahirkan calon atlet Cricket di masa mendatang, ” ujar Frengky. (rel)

    Fernando Yudistira

    Fernando Yudistira

    Artikel Sebelumnya

    4 Juni, Film Karya Siswa SMKN 4 Padang “Surga...

    Artikel Berikutnya

    Prof Ganefri Narasumber Seminar Nasional...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Afrizal verified

    Joni Hermanto

    Joni Hermanto verified

    Postingan Bulan ini: 20

    Postingan Tahun ini: 246

    Registered: Nov 16, 2020

    Linda Sari

    Linda Sari verified

    Postingan Bulan ini: 17

    Postingan Tahun ini: 396

    Registered: Aug 12, 2021

    Riski Amelia

    Riski Amelia verified

    Postingan Bulan ini: 13

    Postingan Tahun ini: 217

    Registered: Aug 3, 2021

    Suferi

    Suferi verified

    Postingan Bulan ini: 8

    Postingan Tahun ini: 42

    Registered: May 4, 2021

    Profle

    Riski Amelia verified

    Dikukuhkan Sebagai Ketua KAN Kacang, Suharmen Dt.Sutan Ma’alam Harapkan Kerjasama dan Dukungan Semua Pihak
    Jelang Laksanakan KKN, 211 Mahasiswa UMMY Ikuti Coaching
    Geliatkan Sektor Pariwisata, Disparbud Kabupaten Solok Tingkatkan Pengembangan Destinasi dan Promosi
    Empat Jabatan Kepala Dinas Kosong, Pemko Padang Bakal Gelar Seleksi Terbuka

    Rekomendasi

    Dari Puncak, AHY Minta Seluruh Kader Demokrat Persiapkan Upaya Raih Kemenangan di 2024
    Rakernas APEKSI XV di Padang, Mendag dan Gubernur Apresiasi Kinerja Panitia
    Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih
    Bertemu Gubernur Sumbar, Ridwan Kamil Tawarkan Festival Bazar Jabar dan Sumbar
    Gubernur Mahyeldi Puji Sikap HIPMI Sumbar, Bisa Selesaikan Suksesi tanpa Ribut

    Ikuti Kami