Unand Bentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, Ini Jadwal Seleksinya

    Unand Bentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, Ini Jadwal Seleksinya

    PADANG, – Universitas Andalas (Unand) segera membentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS). Saat ini, Rektor Unand telah menetapkan Panitia Seleksi (Pansel) untuk pemilihan anggota Satgas.

    Pembentukan Satgas PPKS di Unand merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan Perguruan Tinggi.

    Latte espresso steamed milk
    market.biz.id Latte espresso steamed milk
    20% Rp 4.000
    Beli sekarang!

    “Universitas Andalas telah mengambil langkah konkret dengan dibuat dan disahkannya Peraturan Rektor Nomor 18 A tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual dan Perundungan, ” ungkap Ketua Pansel Satgas PPKS Unand, Wahyu Pramono di laman situs Unand.

    Wahyu menyebutkan, Pansel Satgas PPKS bertugas untuk menyusun petunjuk teknis seleksi anggota Satgas, melaksanakan seleksi anggota Satgas, dan merekomendasikan anggota Satgas kepada pemimpin perguruan tinggi untuk ditetapkan.

    Lebih lanjut, ia menyampaikan Rektor Universitas Andalas (Unand) telah menetapkan Pansel Satgas PPKS yang terdiri dari unsur dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa.

    Mereka adalah Drs Wahyu Pramono MSi, Dr Ir Adrinal, Imelda Indah Lestari MHum, Masrilayanti PhD, Eka Fitrianto ST MT, Azcia Azzahra, dan Neng Tiyas Safitri.

    Vixion 2017 Full Modif Keren
    market.biz.id Vixion 2017 Full Modif Keren
    4% Rp 25.000.000
    Beli sekarang!

    Pansel Satgas PPKS ini, kata Wahyu, telah mengikuti pelatihan dan seleksi calon anggota Pansel Satgas PPKS di lingkungan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pusat Penguatan Karakter Kemendibudristek pada bulan Mei 2022 lalu.

    Ia menambahkan, Pansel Satgas PPKS akan melaksanakan seleksi anggota Satgas PPKS dan merekomendasikan anggota Satgas PPKS kepada Rektor untuk ditetapkan.

    Untuk itu, ia mengimbau dosen, tendik dan mahasiswa yang peduli terhadap pencegahan dan penanganan kekerasan seksual agar berpartisipasi mendaftar menjadi calon anggota Satgas PPKS Unand.

    “Pendaftaran akan dibuka mulai 1 hingga 15 Agustus 2022. Calon Satgas PPKS yang telah mendaftar akan mengikuti tahapan seleksi administrasi, wawancara dan tes piskologi, ” ujarnya.

    Terkait proses seleksi, kata Wahyu, masyarakat dapat memberikan tanggapan terhadap calon yang lolos seleksi administrasi, dan tanggapan masyarakat tersebut akan menjadi perhatian dan pertimbangan bagi pansel dalam seleksi.

    “Satgas ini berada di bawah koordinasi Rektor Universitas Andalas yang bertugas sebagai wadah layanan bagi dosen, tendik, mahasiwa, warga kampus, dan masyarakat di lingkungan kampus dalam pencegahan, penanganan dan pendampingan korban serta mengedukasi warga kampus soal isu kekerasan seksual, ” ungkap Dosen Sosiologi FISIP ini.

    Untuk mempersiapkan seleksi Satgas PPKS Universitas Andalas, Pansel Satgas PPKS mengadakan workshop untuk menyusun petunjuk teknis seleksi anggota Satgas PPKS di Bukittinggi, tanggal 29 – 31 Juli 2022.

    Wakil Rektor III Universitas Andalas, Insannul Kamil PhD ketika memguka workshopmengatakan, terbentuknya Pansel Satgas PPKS adalah bentuk keseriusan dan komitmen Unand dalam mencegah dan menangani permasalahan kekerasan seksual.

    “Ini juga sebagai upaya untuk menciptakan kehidupan kampus yang kondusif dan inklusif serta terbebas dari tindakan kekerasan seksual, baik oleh dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa, ” kata Insannul.(**)

    Afrizal

    Afrizal

    Artikel Sebelumnya

    Dandim 0312/Padang, Menang Kalah Itu Hal...

    Artikel Berikutnya

    Hendri Septa: Padang Punya Youth Center,...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Afrizal verified

    Joni Hermanto

    Joni Hermanto verified

    Postingan Bulan ini: 20

    Postingan Tahun ini: 246

    Registered: Nov 16, 2020

    Linda Sari

    Linda Sari verified

    Postingan Bulan ini: 17

    Postingan Tahun ini: 396

    Registered: Aug 12, 2021

    Riski Amelia

    Riski Amelia verified

    Postingan Bulan ini: 13

    Postingan Tahun ini: 217

    Registered: Aug 3, 2021

    Suferi

    Suferi verified

    Postingan Bulan ini: 8

    Postingan Tahun ini: 42

    Registered: May 4, 2021

    Profle

    Riski Amelia verified

    Dikukuhkan Sebagai Ketua KAN Kacang, Suharmen Dt.Sutan Ma’alam Harapkan Kerjasama dan Dukungan Semua Pihak
    Jelang Laksanakan KKN, 211 Mahasiswa UMMY Ikuti Coaching
    Geliatkan Sektor Pariwisata, Disparbud Kabupaten Solok Tingkatkan Pengembangan Destinasi dan Promosi
    Pererat Hubungan Dengan Komponen Masyarakat, Kodim 0309/Solok Gelar Komsos

    Rekomendasi

    Rakernas APEKSI XV di Padang, Mendag dan Gubernur Apresiasi Kinerja Panitia
    Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih
    Bertemu Gubernur Sumbar, Ridwan Kamil Tawarkan Festival Bazar Jabar dan Sumbar
    Gubernur Mahyeldi Puji Sikap HIPMI Sumbar, Bisa Selesaikan Suksesi tanpa Ribut
    Nagari Toboh Ketek Padang Pariaman Dapat Dampingan Program DRPPA UNP

    Ikuti Kami